Posted in Uncategorized

Penyadapan di Indonesia

Pada Undang-Undang No. 32 tahun 1999 tentang Telekomunikasi disebutkan tentang cara penyadapan atas informasi:

Pasal 40

Setiap orang dilarang melakukan kegiatan penyadapan atas informasi yang disalurkan melalui jaringan telekomunikasi dalam bentuk apapun

Pasal 41

Dalam rangka pembuktian kebenaran pemakaian fasilitas telekomunikasi atas permintaan pengguna jasa telekomunikasi, penyelenggara jasa telekomunikasi wajib melakukan perekaman pemakaian fasilitas telekomunikasi yang digunakan oleh pengguna jasa telekomunikasi dan dapat melakukan perekaman informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pasal 42

(1) Penyelenggara jasa telekomunikasi wajib merahasiakan informasi yang dikirim dan atau diterima oleh pelanggan jasa telekomunikasi melalui jaringan telekomunikasi dan atau jasa telekomunikasi yang diselenggarakannya.

(2) Untuk keperluan proses peradilan pidana, penyelenggara jasa telekomunikasi dapat merekam informasi yang dikirim dan atau diterima oleh penyelenggara jasa telekomunikasi serta dapat memberikan informasi yang diperlukan atas :
a. permintaan tertulis Jaksa Agung dan atau Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk tindak pidana tertentu;
b. permintaan penyidik untuk tindak pidana tertentu sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Sekarang tahun 2005 masyarakat kita masih awam dengan teknologi, dan penyadapan masih menggunakan bentuk fisik pada infrastruktur yang ada seperti yang tercantum dalam penjelasan pasal tersebut:

Yang dimaksud dengan penyadapan dalam pasal ini adalah kegiatan memasang alat atau perangkat tambahan pada jaringan telekomunikasi untuk tujuan mendapatkan informasi dengan cara tidak sah. Pada dasarnya informasi yang dimiliki oleh seseorang adalah hak pribadi yang harus dilindungi sehingga penyadapan harus dilarang.

Bagaimana dengan 3 sampai 4 tahun kedepan ya? Apalagi pemerintah kita tidak punya dasar untuk menyadap karena tidak ada peraturan perundang-undangnya atau setidak-tidaknya peraturan petunjuk teknis intern lembaga terkait. Kalau dari sisi sarana, layaknya cuma Telkom ya yang akses untuk infrastruktur lebih mumpuni😀

One thought on “Penyadapan di Indonesia

  1. Menurutku penyadapan iku dibolehkan untuk intelejen. Dan yg namanya penyadapan utk keperluan intelejrn ya gak usah diatur. Namanya juga intel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s