Posted in Uncategorized

Selamat Jalan Pak Lendy

Saya kaget! Saya masih gak percaya atas musibah ini! seorang guru dan teman yang banyak menasihati, mengingatkan, bahkan tak segan berbagi ilmu tentang IT telah berpulang kepadaNya. Pagi ini berita duka saya baca melalui email yang dikirimkan oleh Didien ke milis Indonesia Wireless dan LAN Internet (Indo WLI):

Email Duka

Saya pribadi mengenal beliau sekitar tahun 2003, berawal dari chatting. Saya selama dekade 2003-2006an kebanyakan berkomunikasi dengan teman-teman di Indonesia lewat dunia maya, salah satunya dengan menggunakan Yahoo Messanger kala itu. Berawal dari chattingan itulah saya dikenalkan kepada teman-teman Kelompok Studi Network Indonesia (KESINI), Malang Linux User Group (MALING), Blogger Malang (kala itu bernama BlogMal). Menurut keterangan sesepuh internet di Malang raya, beliaulah yang dapat disebut bapak internet Jawa Timur, karena atas jasa beliaulah koneksi internet bisa terkoneksi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai mbahnya koneksi internet kala itu.

Awal saya dikenalkan beliau kepada orang-orang seperti Junet, Didien, Roim dan teman-teman lainnya saya cuma bisa minder. Saya adalah orang yang masih awam untuk mengenal jaringan dan koneksi internet, boro-boro bicara keamanan internet, untuk bisa terhubung dengan internet saja saya masih glagepan alias nol putul. Dibalik keminderan itu, pak Lendy bilang “gak usah malu, jajal wes” dan dari perkenalan dengan komunitas IT itulah cakrawala saya yang gak ngerti IT itulah mulai terbuka.

Ada peristiwa yang bagi saya cukup membuat saya trenyuh, waktu itu tahun 2004. Kala itu pak Lendy memberikan kabar bahwa terjadi tsunami di Aceh. Beliaupun bilang “ayo rek, gak berangkat nang Aceh? arek-arek kabeh budhal” Saya cuma bisa terdiam dan membalas “ingin pak, tapi ya…” sebelum selesai membalas beliaupun menulis lagi dalam Ymnya “ra po’o di..masih banyak kesempatan untuk bantu lain kali, rampungne sinaumu trus balik rewang-rewang” sambil memberi emoticon senyum.

Saya gak bisa banyak berkata-kata lagi selain hanya bisa berharap: semoga Tuhan menerima amal beliau, amiiin…

Postingan terkait:

http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Pelaku_Sejarah_Internet_Indonesia

http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/23_January_2009_-_Lendy_Widayana%2C_salah_seorang_pelopor_ISP_di_Jawa_Timor_Meninggal

Leave a Reply

