Posted in Diary, Internet, masyarakat, Refleksi

Dedikasi Untuk Alex dan Frans Mendur serta B.M. Diah

Saya sengaja mendedikasikan postingan ini kepada Alex dan Frans Mendur serta B.M. Diah karena oleh ketiga orang putera bangsa ini momen Proklamasi dapat disaksikan secara virtual dalam bentuk jepretan foto. Alexius Impurung Mendur dan Frans Sumarto Mendur adalah kakak-adik fotografer kenaamaan kantor berita Domei di zamannya yang menyebarluaskan foto hasil jepretan mereka kepada siapa saja orang yang dikenal perihal peristiwa Proklamasi. Burhanuddin Muhammad Diah adalah salah seorang wartawan yang juga ikut mengabadikan momen tersebut, caranya ? dia adalah wartawan yang memungut tulisan tangan teks Proklamasi yang telah diketik oleh Sayuti Melik. Tanpa kita sadari kita selalu copas, edit, dan post foto hasil jepretan mereka tanpa kita sadari bahwa kita telah melangkahi hak cipta dari mereka bertiga.

foto-depan-proklamator
Foto Proklamasi bag. 1
foto samping proklamator
Foto Proklamasi bag. 2
foto-proklamasi-tampak-belakang
Foto Proklamasi bag. 3
Foto Proklamasi bag. 4

Naskah tulisan tangan yang dipungut oleh B.M. Diah dari tempat sampah dan diabadikan hingga saat ini sehingga kita dapat melihatnya sampai sekarang ini:

Naskah Tulisan Tangan Proklamasi

Terima kasih atas jasa engkau bertiga mengabadikan detik-detik Proklamasi, semoga kami bangsa Indonesia bisa berterima kasih karena dokumentasi yang kalian berikan. Dengan tanpa memungut royalti sepeserpun bahkan kalian dengan ikhlas mencetak foto-foto tersebut dari negatif film yang kalian sembunyikan di dasar pohon beringin dari penggeledahan Jepang yang taruhannya nyawa atau penjara.

Foto: Courtessy Mendur Bersaudara dan B.M. Diah (foto diatas diambil dengan tidak bermaksud mengambil keuntungan dari Arsip Nasional Republik Indonesia).

5 thoughts on “Dedikasi Untuk Alex dan Frans Mendur serta B.M. Diah

  1. kami atas nama keluarga Frans mendur sangat berterima kasih atas posting berita tentang kakek saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s