Posted in cybercrime, Internet, masyarakat, Uncategorized

Melawan Lupa 27 ayat 3 ITE: Pembelaan Prita Mulyasari

Saya akan memuat beberapa dokumen tentang Prita Mulyasari dalam persidangan yang bertempat di Pengadilan Negeri Tangerang. Beberapa dokumen ini saya unggah karena saya belum menemukan ada user internet yang membahas hal ini. Semoga dokumen-dokumen yang saya unggah nantinya dapat menjadi pembelajaran bersama, khusunya bagi para aktivis dan penggiat yang berada di dunia manapun agar tidak menjadi korban dari Pasal 27 ayat 3 Undang-undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Beberapa dokumen yang akan saya unggah diantaranya adalah pledoi, memori kasasi perdata Prita Mulyasari yang dikabulkan oleh Mahkamah Agung, kasus medical check up gratis dari OMNI Internasional kepada kejaksaan negeri Tangerang ketika kasus Prita Mulyasari bergulir, serta jika memungkinkan kasus 27 ayat 3 ITE lainnya dimana seseorang mengubah status perkawinan di Facebook dan berujung pada proses persidangan!. Selamat membaca.

PEMBELAAN

DALAM PERKARA PIDANA

NO. 1269 /PID.B/2009/PN.Tng

ATAS NAMA TERDAKWA

PRITA MULYASARI

Jakarta, 30 Nopember 2009

No.2092/OCK.XI/2009

  1. I.      PENDAHULUAN

Majelis Hakim Yang Mulia;

Saudara Jaksa Penuntut Umum Yang Terhormat;

Serta  Sidang yang kami hormati;

“From email to Jail ”, inilah perkara yang menimpa Prita Mulyasari, seorang ibu rumah tangga yang memiliki dua (2) anak balita, Ananta yang berusia 3 tahun dan Ranarya yang berusia 1 tahun, yang menjadi terdakwa atas dugaan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 ayat (1) UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik , Pasal 310 ayat (2) dan Pasal 311 ayat (1) KUHP. Perkara ini telah menarik perhatian dari masyarakat Indonesia bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Yusuf Kalla, Ibu Megawati Soekarno Putri turut memberikan simpati kepada Prita,  pada saat itu tanggal 3 Juni 2009  Ibu Megawati Soekarno Putri sampai turun gunung ke LP Wanita Tangerang untuk bersimpati dan memberikan semangat kepada Prita. Simpati yang diberikan oleh Presiden, Wakil Presiden, Mantan Wakil Presiden  serta masyarakat luas kepada Prita Mulyasari bukan merupakan suatu hal yang direkayasa atau dibuat-buat, tetapi merupakan reaksi spontan sebagai warga Negara yang memiliki kebebasan untuk berekspresi dan menyampaikan pendapat sebagaimana diatur dalam konstitusi  Pasal 28 F UUD 1945 dan dalam berbagai Undang-Undang diantaranya UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Kovenan Internasional Hak Sipil dan Politik yang telah diratifikasi oleh Indonesia dengan UU No 12 Tahun 2005. Sehingga merupakan pemikiran dan  pendapat yang sangat picik apabila Jaksa Penuntut Umum dalam surat tuntutannya  mengatakan “….karena telah terbentuk opini atau sengaja dibentuk opini bahwa terdakwa tidak bersalah. Dalam berbagai media massa selalu disebutkan kalimat, ibu dua anak yang mendekam dipenjara karena menyatakan keluhan melalui email, seolah-olah terdakwa melakukan keluhan bukan mencemarkan nama baik orang lain”, kutipan pernyataan Jaksa Penuntut Umum dalam pendahuluan surat tuntutannya tersebut sangat bertolak belakang dengan pernyataan Presiden Susilo bambang Yudhoyono yang mengatakan “apa yang menimpa Prita pada dasarnya bisa diselesaikan dengan cara-cara yang baik. Tidak perlu masalah berlanjut hingga proses hukum, Ada yang namanya teori kepatutan, untuk melihat masalah itu, sehingga tidak terlihat berlebihan. Kasus Bu Prita adalah hak asasi dan saya minta ditempatkan secara wajar”. (Bukti T- 23)

NB: Silahkan jika ingin meneruskan artikel ini dengan mencantumkan sumber, semoga menjadi pembelajaran bersama.
Tersedia di halaman Download

One thought on “Melawan Lupa 27 ayat 3 ITE: Pembelaan Prita Mulyasari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s