Posted in NgeJunk, Refleksi

Malam Setelah Sidang Itsbat

Kemarin malam setelah sidang istbat berakhir, saya berusaha mencari referensi dan informasi tentang 1 Syawal. Prinsip saya satu, saya tidak ingin dan tidak suka membebek atau mengekor pendapat inilah pendapat itulah, ormas ini ormas itu, tanpa adanya argumen yang menurut saya benar dan argumen itu menjadikan saya yakin akan mengakhiri puasa kapan atas perbedaan penentuan 1 Syawal kemarin.

Ketika mencari referensi itu sebuah sms masuk ke hp pada jam 24.00 WIB dari seorang teman online yang menceritakan bahwa telah terjadi defacing atas website Jasakom. Wait…Jasakom? sepengetahuan saya yang awam IT dan security ini Jasakom merupakan salah satu forum yang cukup sepuh dan besar yang membahas tentang security. Sayapun langsung ke TKP dengan mengetik http://jasakom.com pada browser mobile saya, hasilnya? “504 not Implemented”.

Malam ini saya buka, ternyata halaman tersebut masih berisi hasil defacing dari seseorang yang mempunyai identitas “Abj3ctz” yang mengaku dari Pakistan. Defacing terhadap website Jasakom sendiri setidaknya sudah terjadi 3 kali sepengetahuan saya, yaitu pada November 2003, Oktober 2009, dan tadi malam (29 Agustus 2011).

1. Tahun 2003

2. Tahun 2009

3. Tahun 2011

Uniknya adalah yang terjadi tahun 2003 dan 2011 sama-sama ketika suasana hari raya Idul Fitri. Setelah melakukan beberapa penelusuran terhadap serangan ini, saya mendapati bahwa ternyata website tersebut patch level 1, seperti yang defacer utarakan pada salah satu forum:

Semoga admin dari website Jasakom segera sadar bahwa ada yang telah memasuki website mereka dan mengubah tampilan website tidak sebagaimana mestinya. Taqaballahu minna waminkum, selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan bathin:)

One thought on “Malam Setelah Sidang Itsbat

  1. I discovered your page and noticed you could have a lot more traffic. I have found that the key to running a popular website is making sure the visitors you are getting are interested in your subject matter. There is a company that you can get visitors from and they let you try their service for free. I managed to get over 300 targetted visitors to day to my website. Check it out here: http://bit.ly/18FbegW

Leave a Reply

