Posted in Diary

Diary: Melanggar Hak Cipta?

Beberapa hari yang lalu saya membaca berita kalau salah seorang rekan di Bloggerngalam mendapat semacam pemberitahuan dari Facebook kalau dirinya telah melanggar hak cipta theme Facebook. Adapun yang dimaksud dengan melanggar hak cipta menurut kantor Facebook di Indonesia tersebut adalah sebagai berikut:

Nazieb dianggap telah melanggar hak cipta karena membuat themes untuk blog sama dengan tampilan Facebook. Memang untuk mendapatkan themes tersebut Nazieb tidak memungut bayaran atau apalah seperti yang ia utarakan pada salah satu postingan di blognya sebagai berikut:

Apakah dapat dikatakan melanggar hak cipta? Saya sendiri tidak mengerti bagaimana asal muasal permasalahannya, cuma ada kata-kata yang membingungkan saya pada posting Nazieb di blognya seperti “theme kloning”, “theme ngeplek“, dan sebagainnya. Cuma sedikit yang juga mengganjal masalah “warning alert” dari Facebook Indonesia, kalau scripting “Smells Like Facebook” menggunakan platform WordPress dengan PHP, sedangkan Facebook tidak seperti itu. Entahlah, dari pada saya sok tahu, lebih baik kita menunggu pertemuan Nazieb dan konsultan hukum Facebook dari Maulana & Partners tersebut bagaimana.

Sabtu, 19 November 2011.

Sam.

Ditulis di kampusku tercinta.

4 thoughts on “Diary: Melanggar Hak Cipta?

  1. semoga nazieb gak dapet masalah apa-apa, semuanya bisa clear… dan si nazieb ini mau bikinin template blog yang bagus buat gw, secara udah bosen ama templet gw sekarang… najiiiib, dimana lo? *salah komen*

Leave a Reply

