Posted in Diary, masyarakat

Diary: RPP ITE

Tadi malam saya membaca dan mencoba menelaah tentang Naskah Akademik Rancangan Peraturan Pemerintah (selanjutnya disebut RPP) E-Commerce (perdagangan elektronik) dan matriks RPP E-Commerce dengan hukum positif yang dibahas beberapa minggu lalu. Dalam dokumen yang saya terima tersebut rencananya akan ada harmonisasi antara RPP E-Commerce dengan RPP Penyelenggaraan Informasi dan Transaksi Elektronik (selanjutnya disebut PITE).

Bagi yang belum mengerti apakah yang dimaksud dengan harmonisasi dan bagaimana alur harmonisasi, gambaran ringkasnya sebagaimana yang dibuat oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah sebagai berikut:

Bagan

Melihat kata “RPP” pada RPP E-Commerce saya jadi teringat RPP Undang-undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (selanjutnya disebut UU ITE). Selama 3 tahun sejak diundangkannya UU ITE, pemerintah hanya berhasil atau kalau itu disebut berlebihan, hanya baru memaparkan ke publik tentang RPP PITE saja. Ya! hanya RPP PITE saja yang baru bisa publik akses, bagaimana dengan sejumlah RPP yang lainnya? Saya tidak tahu.

Jika saya tidak khilaf, ada beberapa RPP yang seharusnya sudah harus ada setidaknya 2 tahun sejak diundangkannya UU ITE, yaitu: RPP Sertifikasi Elektronik, RPP Tanda Tangan Elektronik, RPP Penyelenggaraan Sistem Elektronik, dan RPP Lembaga Sertifikasi Keandalan. Pertanyaannya adalah mengapa sampai 3 tahun (jika memakai parameter April 2008 ke April 2011) sejumlah RPP tersebut belum ada? padahal perintah UU ITE seluruh PP sudah harus terbit setelah 2 tahun pengundangan UU ITE!

Entahlah, mengingat itu semua konsentrasi saya menjadi buyar saat membaca RPP E-Commerce tadi malam, mungkin hanya Tuhan yang mengetahui kapan RPP ITE akan segera disahkan. Jadi rasanya agak gimana gitu ketika melihat RPP lain yang berhubungan dengan UU ITE. Apakah dapat disebut pasal dan ayat yang memerintahkan tentang pengundangan PP setelah jangka waktu 2 tahun dapat disebut “bermasalah dalam kandungan dan mati ketika dilahirkan?”🙂

24 November 2011

Sam.

ditulis di rumah makan Padang dekat Bangkong.

3 thoughts on “Diary: RPP ITE

  1. benci ama segala yang berbau peraturan/undang2 dan sebangsanya… bikin pusing kerjaan gw aja, secara isinya kebanyakan ngambang gak jelas, kalo enggak sok tau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s