Posted in cybercrime, ilmu, Internet, masyarakat

Diary: Kabar Peninjauan Kembali Prita Mulyasari

Jumat 25 November 2011 lalu tim pengacara Prita Mulyasari (OC Kaligis & Associates) memberi kabar ke saya bahwa saat ini Peninjauan Kembali kasus Prita Mulyasari sudah diperiksa oleh para hakim Mahkamah Agung. Adapun pemberitahuan tersebut adalah sebagai berikut:

Dari: S. Yuono <…..@yahoo.com>
Tanggal: 25 November 2011 12:18
Perihal: Prita Mulyasari
Ke: Sam Ardi <…….@gmail.com>

Dear om Sam,
Berdasarkan Surat dari panitera Muda Pidana Khusus MA RI (Sunaryo, SH, MH) tertanggal 8 November 2011 yg ditujukan kepada panitera Pengadilan Negeri Tangerang menginformasikan bahwa Berkas Perkara Peninjauan Kembali (PK) atas nama Pemohon PRITA MULYASARI telah diterima oleh Mahkamah Agung RI pada tanggal 14 Okt 2011 dan di catat dalam Reg. 225 PK/Pid.Sus/2011…Mudah2an Permohonan PK diterima…..terima kasih..Slamet Yuono OC Kaligis & Associates.

Setelah pemberitahuan itu, sayapun berusaha mencari kabar masuknya berkas perkara tersebut sebelum saya dengan mata kepala sendiri melihat surat pemberitahuan itu, dan memang kabar itu benar adanya.

Surat Pemberitahuan

Bagi saya pribadi, kasus ini penting, mengapa? Saya mengajak para pembaca blog kembali ke dakwaan dan tuntutan jaksa penuntut umum yang telah lalu, yaitu: Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang dengan gegabah telah salah diterapkan oleh jaksa penuntut umum. Jika Prita (semoga tidak terjadi) diputus bersalah oleh Mahkamah Agung, maka telah nyata sebuah yurisprudensi yang sangat buruk bagi penegakan hukum di Indonesia, tidak menutup kemungkinan akan muncul kasus yang sama dikemudian hari. Orang yang sekedar curhat di milis, blog, Twitter, bisa masuk penjara karena kebodohan aparat penegak hukum, tidak lucu bukan?

Semoga Mahkamah Agung bersikap adil dan memperhatikan fakta-fakta yang terdapat dipersidangan sehingga keadilan dapat tegak di Indonesia

5 Desember 2011

Sam

Ditulis di Perpustakaan Wilayah Jawa Tengah.

8 thoughts on “Diary: Kabar Peninjauan Kembali Prita Mulyasari

  1. “Semoga Mahkamah Agung bersikap adil dan memperhatikan fakta-fakta yang terdapat di persidangan sehingga keadilan dapat tegak di Indonesia”

    Aamiin…:mrgreen:

  2. ya gitulah hukum di indonesia seperti kata Alm. K.H Zainuddin MZ ‘hukum di indonesia itu sperti pisau tajem ke bawah tumpul k atas’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s