Posted in Diary, ilmu, masyarakat

Diary: Menerjemahkan Buku

Beberapa minggu ini, kegiatan selain kuliah dan kuliah, saya sedang menerjemahkan buku tentang kejahatan yang berhubungan dengan penyalahgunaan komputer. Seperti kita ketahui bersama, sistem hukum (khususnya hukum pidana) saat ini masih berinduk pada sistem hukum peninggalan era kolonial. Hal itu dibuktikan dengan masih digunakannya Wetboek van Strafrecht (WvS) yang telah diubah menjadi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Meskipun tidak semua diterapkan, tujuan mengubah WvS menjadi KUHP bertujuan sedikit demi sedikit untuk melakukan pembaharuan hukum pidana di Indonesia hingga diundangkannya KUHP Nasional yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila. Studi komparasi antara hukum pidana Belanda dan Indonesia banyak dilakukan dengan penerjemahan buku-buku dari bahasa Belanda ke Indonesia.

Salah satu buku yang sedang saya terjemahkan (sebenarnya ini kerja tim sih) adalah buku yang berjudul Computercriminaliteit atau yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sepadan dengan “Delik-delik yang Berhubungan dengan Komputer”. Buku ini sendiri terbit sudah lama di Belanda, tetapi konten dari buku ini, menurut saya, masih relevan terkait dengan hukum pidana materiil.

Buku ini berjudul lengkap Computercriminaliteit: Studiepockets Strafrecht 31 buah karya CHR. H. Van Dijk dan J.M.J Keltjens. Saya sendiri menerjemahkan bagian dalam buku ini terkait hukum acara pembuktian di persidangan. Saya tidak tahu apakah jika terjemahan buku ini sudah selesai akan dijadikan bahan kuliah fakultas hukum (seperti buku Komputer: Suatu Tantangan Baru Di Bidang Hukum) atau dijual untuk khalayak ramai.

Semoga saja ada manfaatnya terjemahan ini kelak, setidaknya memperkaya khazanah terkait hukum pidana di Indonesia.

Semarang, 14 Maret 2012

Sam.

Ditulis di warung nasi kucing Simpang Lima

2 thoughts on “Diary: Menerjemahkan Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s