Posted in Uncategorized

Selamat Jalan, Guru…

Kamis 15 Maret 2012 saya memasuki ruang pusat teknologi informasi magister ilmu hukum Universitas Diponegoro, Semarang. Seperti biasa saya cek koneksi dan melihat apakah ada yang trouble. Sekitar jam 10.05 WIB, teman saya yang kebetulan sedang jaga menerima telepon bahwa salah satu guru besar hukum pidana Undip, Prof. Dr. Paulus Hadisuprapto, S.H., meninggal dunia. Awalnya saya tidak percaya dan saya minta teman saya tersebut cross check ke bagian akademik untuk memastikannya.

Sekitar 15 menit berita itu masih diragukan kebenarannya dan suara di ruangan menjadi sedikit bising karena kabar “tidak enak” tersebut. Sayapun mencoba mencari validitas berita itu. Ternyata bagian akademikpun belum dapat memastikannya. Jam menunjukan pukul 10.30 WIB dan salah seorang staf bagian umum menerima informasi bahwa benar salah seorang guru besar Magister Ilmu Hukum Undip telah kembali padaNya di Rumah Sakit Elizabeth, Semarang.

Suasana menjadi hening, betapa tidak…Senin tanggal 12 Maret 2012 beliau masih segar bugar dan sempat bercanda oseng-oseng dengan saya di ruangan ini sembari beliau bertanya detail dengan penggunaan iPad miliknya. Saya sendiri kaget, begitu cepat beliau berpisah dengan kami yang masih “hijau” ini. Banyak kenangan ketika beliau masih mengajar mulai dari matrikulasi hingga perkuliahan. Sifat grapyak beliau menjadikannya teman berdiskusi di luar kelas yang menyenangkan. Usia memang tak bisa menjadi patokan kapan seseorang harus kembali kepadanya, kematian memang merupakan misteri ilahi yang hanya diketahui oleh Dia sendiri.

Beliau dikenal sebagai kriminolog dan ahli hukum pidana anak. Tebaran pemikirannya menghiasi media massa populer Indonesia. Karya beliau juga masih dapat kita kaji hingga saat ini.

Foto-foto

Selamat jalan guruku, meskipun kau telah tiada namun sumbangsih akademismu akan selalu ada menghiasai alam pikiran kami…😥

One thought on “Selamat Jalan, Guru…

  1. Semoga beliau diterima dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga ilmu yang beliau berikan juga bermanfaat bagi yang menggunakannya…
    Aamiin….

Leave a Reply

