Posted in Uncategorized

Twit Akun Pseudonim Tentang Konspirasi

Saya sebenernya malas membahas akun pseudonim, selain informasinya tidak sepenuhnya benar, terkadang akun seperti itu selalu membuat sensasi dengan twit yang aneh dan diragukan kebenarannya. Contohnya adalah akun @triomacan2000 yang saat saya menulis ini timeline saya penuh sindiran, hujatan, dan kritik tajam tentang akun itu. Mulai dari akun biang gosip, akun penebar fitnah, serta akun yang suka memanipulasi twit orang.

Saya sendiri sebagai orang hukum, tentunya harus menanggapi segala sesuatu berdasarkan bahan hukum yang ada. Mulai dari bahan hukum primer hingga bahan non hukum yang dapat dijadikan rujukan. Artikel saya kali ini akan menanggapi twit aneh dan nyeleneh dari @triomacan2000 tentang konspirasi global. Menurutnya konspirasi global itu berhubungan dengan organisasi Freemasonry dan secret society seperti Illuminati. Akun tersebut sepertinya terlalu banyak membaca buku konspirasi sehingga analisisnya sangat lemah dan mengada-ngada.

Berikut ini twit yang dimaksud:

Kembali kepada latar belakang saya sebagai orang hukum, tentu saja saya hanya akan membantah klaim tersebut dengan bahan hukum. Berdasarkan penelusuran saya mulai dari bahan hukum primer hingga bahan non hukum saya menemukan justru Freemason itu diakui oleh negara Indonesia sebagai yayasan yang sah dan legal. Pada artikel “Organisasi Terlarang? Bagian. 1”, saya sudah menjelaskan bahwa di Indonesia Freemason itu bernama Vrijmetselarij/Vrijmetselaren Loge atau bahasa Indonesianya Loge Agung Indonesia. Selain bernama Loge Agung Indonesia, mereka juga mendirikan “Jajasan Raden Saleh”.

Berikut ini bahan hukum yang saya dapatkan terkait pengakuan terhadap mereka:

  1. Loge Agung Indonesia (Yayasan) dimuat dalam Tambahan Berita Negara No. 29 Tahun 1959
  2. Loge Mason Dharma (Yayasan) dimuat dalam Tambahan Berita Negara No. 21 Tahun 1953
  3. Loge Mason Purwa-Daksina dimuat dalam Tambahan Berita Negara No. 57 Tahun 1952
  4. Loka Pamitran (Yayasan) dimuat dalam Tambahan Berita Negara No. 63 Tahun 1954

Organisasi/Yayasan mereka resmi diakui oleh pemerintah Indonesia dan dimuat pada Berita Negara, saya tidak tahu sekaliber Berita Negara bagaimana mungkin ditafsirkan sebagai sesuatu yang tidak diakui dan tidak pernah terbukti kecuali yang bersangkutan memang sukur njeplak dan miskin bahan bacaan. Saya orang hukum, saya tidak suka berandai-andai dengan gosip “katanya” atau dengan membaca buku dongeng tentang konspirasi “secret society” yang ingin menguasai dunia. Bagi saya, membicarakan sesuatu itu yang pasti-pasti sajalah.

Benar bahwa presiden Sukarno membubarkan beberapa organisasi terlarang dengan Keppres No. 264 Tahun 1962 diantaranya adalah Vrijmetselaren Loge (Loge Agung Indonesia), tetapi Keppres ini telah dicabut oleh presiden Abdurrahman Wahid dengan Keppres No. 69 Tahun 2000. Berdasarkan hal tersebut, organisasi mereka diakui baik sejak zaman presiden Sukarno (walaupun akhirnya dibubarkan) dan zaman presiden Abdurrahman Wahid1. Lantas tidak terbukti dan tidak diakuinya terletak sebelah mana? Apakah karena pergerakan mereka underground? Tidak benar juga, mereka juga memiliki kantor pusat di Hindia Belanda, tepatnya di Menteng (saat ini gedung Bappenas). Berikut gambarnya dari buku karya Dr, Th. Stevens2:

De Ster in Het Oosten

Berdasarkan beberapa penjelasan saya diatas sebenarnya tidak ada yang disebut dengan konspirasi dan segala jenis usaha-usaha menguasai Indonesia. Segala sesuatunya berjalan dengan normal, tercatat secara administrasi, dan diumumkan secara resmi. Menutup posting ini saya akan mengutip pendapat Goenawan Mohammad tentang konspirasi yaitu, teori konspirasi adalah teori orang malas yang tidak tahan dengan kerumitan dan kepelbagai ragaman unsur, dan khaos3. Pada kasus Konspirasi Freemason ini teori konspirasi hanyalah angan-angan karena ketidakmampuan individu tertentu untuk menjawab suatu permasalahan dan mengatasinya dengan mencari kambing hitam untuk menutupi ketidakmampuannya.

Dengan demikian twit akun tersebut?…Simpulkan sendiri!😀

ps: Ketika anda dapat membaca artikel saya ini, dapat saya pastikan bahwa itu adalah konspirasi saya sebagai penulis dengan internet service provider, pihak wordpress.com, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).😛

——

1. Sam Ardi, Organisasi Terlarang? Bagian 1, https://samardi.wordpress.com/2012/08/15/organisasi-terlarang/ (diakses 4 September 2012)

2. Afb (afbeeldingen, pen)4. In 1934 kwam het nieuwe logegebouw van “De Ster in Het Oosten” gereed. Het was een ontwrep van Ir. N.E. Burkoven Jaspers en kreeg de naam “Adhuc Staat”. Gelegen aan het Burgermeester Bisschopplein vormde het een markant punt in de villawijk Menteng. Th. Stevens, Vrijmetselarij en Samenleving in Nederlands-Indië en Indonesië 1764-1962. Uitgeverij Verloren, Netherlands, 1994, hal. 123

3. Goenawan Mohammad, Bayang-Bayang PKI, http://goenawanmohamad.com/2009/09/30/bayang-bayang-pki/ (diakses 5 September 2012)

5 thoughts on “Twit Akun Pseudonim Tentang Konspirasi

  1. Terlalu banyak orang yang berpendapat sendiri-sendiri tentang teori konspirasi, tentang freemason, tentang illuminati. Saling merasa paling benar dengan menyebutkan sumber yang segambreng. Entah mana yang benar. Untung saya juga nggak pernah follow akun-akun pseudonim macam @triomacan2000. Nggak guna… hihihih….:mrgreen:

    1. Sumber yang segambreng itu penting, tapi apakah sumber tersebut dapat dipercaya? Kalau buku-buku konspirasi sih saya tidak berani komentar hehehehehehe

  2. It’s perfect time to make some plans for the long run and it is time to be happy. I have learn this publish and if I may I want to suggest you few attentiongrabbing things or advice. Maybe you could write next articles regarding this article. I desire to read even more things about it! kkdfdbcegebf

Leave a Reply

