Sam Ardi's Blog

Sebuah blog personal Sam Ardi

Buku Hacking

Iseng bongkar-bongkar buku di gudang rumah untuk daftar pustaka tugas saya, ternyata saya masih menyimpan dua buku tentang hacking yang saya beli sekitar tahun 2004/2005, saya sendiri lupa karena sudah terlalu lama. Sampai hari ini, buku hacking yang saya punya ya cuma 2 itu saja (di luar dari sertifikasi lho ya, karena modul/buku dari sertifikasi itu satu paket).

Mengapa cuma dua saja? Pertama, Ya..selain saya ini miskin uang untuk membeli buku IT yang terkenal mehel-mehel, saya juga bisa dapatkan informasi seperti itu lewat forum dan milis komunitas underground yang saya ikuti. Kedua, karena saya kenal para penulisnya meskipun para penulisnya tidak kenal saya ha…ha…ha…ya itung-itung bagi-bagi rejeki buat penulis buku :P.

Buku-buku tersebut adalah:

1. Seni Internet Hacking: Uncensored

Buku ini dikarang oleh Susanto, kalangan dhemit maya mengenalnya sebagai S’to. Saya membeli buku ini ketika baru pulang ke tanah air tercinta dan mendapatkan informasi tersebut dari milis. Buku ini juga yang diberikan S’to kepada Xnuxer saat ia dipenjara karena “mengingatkan” KPU soal “celah” pada website mereka.

2. Tips & Trik Computer Hacking: Hacking & Cara Pengamanannya

Buku ini seperti anda bisa baca dikarangan oleh Dani Firmansyah atau biasa dikenal dengan nick “Xnuxer”. Menurut pengakuan dia, pada awalnya buku ini terbit tanpa persetujuannya. Tetapi pada edisi kedua, buku ini sudah resmi mendapat restu yang bersangkutan mulai dari rekondisi legal agreementnya hingga proses penerbitan. Saya juga sempat membaca kabar edisi pertama buku tersebut melalui Detik.Com.

Beberapa teknik dalam buku-buku tersebut masih dapat dipakai hingga saat ini, terutama soal proof of concept tentang hacking. Hmm…jadi semacam nostalgia, tidak terasa sudah lebih dari 8 tahun buku tersebut ada di lemari gudang saya. Tidak terasa juga bahwa dulu untuk beli buku-buku tersebut harus puasa Senin-Kamis 🙂 . Kapan ya bisa minta tanda tangan kedua penulis buku tersebut? *eh*

Published by

12 responses to “Buku Hacking”

  1. aku malah cuma punya yang nomor satu. waktu bikin dulu S’to sempet ngasih draftnya untuk di baca di Pasar Festival.

    Setelah terbit, langsung dikirimin sama S’to bukunya 😀

      1. Heker wanna be kk. Pengen punya sertifikasi kayak kk tp gak bisa 😦

  2. mahatmachryshna Avatar

    jebule ada hacker juga di bengawan heheheh.

  3. aku juga punya buku hacking dirumah kang, yang versi CEH

    The Books of Mine

  4. canggih, mas haiker.. ;))

  5. Saya sih ndak ngerti dunia hacker. Beberapa lalu sempat ikut pelatihan/seminar tentang internet security yang diadakan Kominfo di Bali. Cuma ndak banyak ilmu yang saya dapat karena disana cuma dijelaskan secara umum saja tentang dunia hacker di Indonesia/dunia. Juga dibagikan beberapa tools yang belum sempat saya coba pakai sampai sekarang.

  6. Saya nggak punya dua2nya… Hehehe

  7. buku “Hacking Website for Newbie” juga menarik…..

    http://codenesia.com

Leave a comment