Posted in Diary

2012

Setiap perjalanan pasti memiliki akhir…dan akhirnya tiba saatnya mengakhiri perjalanan di tahun 2012 dan mempersiapkan diri menuju tahun 2013. Ada beberapa hal yang menurut saya layak dibuat postingan untuk menutup seluruh postingan tahun 2012 di blog ini.

Oh iya…sebelumnya mohon maaf jika ada salah kata atau perbuatan yang saya sengaja dan menyinggung teman-teman sekalian melalui postingan blog ini selama tahun 2012.

1. Tugas akhir.

Bagi saya tahun 2012 merupakan tahun yang penuh pengorbanan, emosi, dan pencarian makna hidup yang penuh arti. Tidak terasa juga saya menutup tahun ini dengan selesainya tugas akhir yang jika saya hitung saya selesaikan selama 2,5 bulan. Super sekali bagi saya, meskipun telat jauh dengan skripsi saya dulu yang selesai dalam waktu 1 bulan. Konsekuensinya adalah setiap detik, menit, jam, hari, dan minggu saya fokuskan di depan komputer. Alhamdulillah saya masih concern menekuni bidang yang saya rintis sejak bangku S1 dulu.

2. Kasus cybercrime

Pada tahun ini juga saya merasakan kelegaan menangani sebuah kasus. Biasanya saya hanya menangani kasus cybercrime atau jika ada request komputer forensik hanya sampai tingkat pengadilan negeri saja, tapi dalam kasus ini, saya terjun mulai dari tingkat pengadilan negeri sampai peninjauan kembali. Jika dihitung sekitar 2 tahun saya “menghandle” kasus ini. Pikiran dan tenaga terbayar sudah ketika Mahkamah Agung membebaskan orang tersebut, perjalanan yang cukup panjang dan berakhir dengan happy ending!

3. My love

Perjalanan mengarungi tahun 2012 juga berbeda ketika saya ditemani oleh orang yang sangat spesial di hati saya, setiap harinya selalu ada dia disisi saya, baik ketika saya sedang mengalami masa-masa sulit atau pun ketika masa saya sedang ada rezeki untuk sekedar ngemil di angkringan. Bagi saya dia tidak bisa diukur dengan apapun, terkadang orang membutuhkan kita ketika mereka sedang menghadapi kesulitan, tetapi ketika mereka sudah tidak mengalami kesulitan mereka akan lupa, tetapi tidak dengan dia… thank you my love!

4. Bertemu guru

Saya juga bertemu kembali dengan guru yang saya kagumi dan hormati di negeri Belanda setelah sekitar 6 tahun kami berpisah, dipisahkan oleh waktu dan negara, bahkan benua. Mereka adalah Prof. Nico Keijzer, Prof. Dieter Schaffmeister dan Dr. Marjanne Termorshuizen-Arts yang sangat membantu dan sudah seperti dosen pembimbing saya sendiri.

5. Menerjemahkan putusan pengadilan 

Mungkin ini adalah bagian yang membutuhkan bagian yang cukup menguras waktu dan pikiran. Khusus untuk tugas akhir, saya dan Dr. Marjanne menerjemahkan putusan-putusan pengadilan dan beberapa ketentuan dari KUHP Belanda sebagai bahan analisis. Ada sekitar 7 putusan pengadilan Belanda dan 2 Undang-Undang dari Belanda yang saya terjemahkan ke bahasa Indonesia. Akibat menerjemahkan itu semua, saya menjadi terlambat menerjemahkan buku hukum pidana cyber yang rencananya akan diterbitkan. Oh iya, Google Translate tidak membantu banyak!

6. Menerbitkan buku

Ini adalah hal yang bagi saya memalukan…tahun 2011 saya berencana menerbitkan buku yang isinya dari berbagai tulisan, legal memorandum, dan bahan computer crime yang saya kumpulkan lengkap sejak tahun 1980an hingga Desember 2011, tapi gagal saya terbitkan tahun 2012 karena harus kuliah! Entah…padahal saya sudah “sesumbar” kepada beberapa teman akan menerbitkan buku tersebut.

7. RUU KUHP

Saya diberi tugas menanggapi RUU KUHP dan memberikan alternatif formulasi terhadap RUU tersebut, khususnya pada Bab 1 dan Bab 2 tindak pidana cyber, yang sedang digodok sejak 1960an itu. Ternyata masih dianggep…😀

Nah…bagaimana dengan kalian? Adakah hal-hal yang menarik untuk dituliskan sebagai penutup postingan blog selama tahun 2012? Sampai jumpa tahun 2013!

5 thoughts on “2012

Leave a Reply

