Posted in masyarakat, Uncategorized

Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S, Hakim MK Penganut Mazhab Yuridis Romantis

Kemarin malam saya mendapat pesan di BlackBerry Messenger dan WhatsApp bahwa dosen saya, yaitu Prof. Arief Hidayat, terpilih melalui voting untuk menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Prof. Mahfud MD. Sebelumnya saya belum begitu paham masalah penggantian hakim MK ini dan baru tahu setelah mencari informasi sana dan sini. Ketika di fakultas Prof. Arief Hidayat pernah bilang kepada saya dan teman-teman saat ngobrol santai bahwa beliau akan mencalonkan diri jadi hakim MK, karena menurut beliau “MK itu merupakan lembaga yang bersih, transparansi saat persidangan dapat dipantau, itulah mengapa saya mau di MK…”

Rupanya obrolan ringan bersama teman-teman tersebut terjadi beneran tadi malam ketika beliau terpilih menjadi hakim MK dengan perolehan suara 42 suara. Bagi saya beliau merupakan Guru Besar yang suka “inspeksi” mendadak ke bagian-bagian yang ada di program magister, seperti perpustakaan, bagian keuangan, dan bagian akademik. Wajar memang, sebagai seorang ketua program Magister Ilmu Hukum Undip, memang sudah kewajiban beliau untuk cek dan ricek keadaan program yang diketuainya.

IMG02097-20130305-0751

Saat mengajar di kelas pun beliau termasuk orang yang suka guyon, bahkan kalau sudah guyon wah bisa dibuat berair mata dibuatnya. Kegiatan belajar-mengajar beliau di kelas juga serius tapi santai, bagi saya beliau adalah dosen yang dapat menjelaskan Politik Hukum dan Metodologi Penelitian Hukum dengan singkat, padat, dan jelas. Bahasa yang digunakan juga sangat renyah sehingga otak saya yang belum Professor ini dapat menangkap dengan jelas maksud dari dosen. Tidak seperti dosen Metodologi Penelitian Hukum lainnya yang berparadigma kesana-kemari seperti berada diantara langit dan bumi😛

Ada guyonan dari beliau yang cukup dikenal, yaitu bahwa beliau adalah penganut mazhab yuridis romantis. Nah bagi orang yang belum pernah mendengar beliau ngajar di kelas atau bertemu langsung dengan beliau pasti bingung apa pengertian yuridis romantis tersebut. Yuridis romantis bukanlah sebuah metodologi penelitian hukum seperti yuridis normatif atau sosio-legal, tetapi merupakan sebuah metode untuk mahasiswa fakultas hukum untuk berkasih sayang terhadap sesama ha..ha..ha..😀 ya seperti kata beliau di kelas “saya ini pengikut dan mengembangkan yuridis romantis, ya kayak misal anda SPP dan HET make yuridis romantis gitu, siapa tahu jodoh” seloroh beliau ketika di kelas. Bersama beberapa ahli hukum, ia berusaha “melindungi” MK dari serangan DPR dan Pemerintah lewat Undang-Undang tentang Mahkamah Konstitusi yang akan mengamputasi kewenangan MK dengan cara melakukan judicial review.

Karya tulis beliau yang menurut saya penting untuk dipelajari sebagai pegangan untuk mengerti pemikiran beliau dibidang Politik Hukum dan Hukum Tata Negara adalah disertasi beliau yang berjudul Kebebasan Berserikat di Indonesia: Suatu Analisis Pengaruh Perubahan Sistem Politik Terhadap Penafsiran Hukum yang diterbitkan Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang tahun 2006 dan pidato pengukuhan penerimaan jabatan Guru Besar tahun 2010 yang berjudul Bernegara Itu Tidak Mudah: Dalam Perspektif Politik dan Hukum.

IMG02096-20130305-0122

IMG02095-20130305-0122

Kepada Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H.,M.S saya ucapkan selamat mengemban amanah baru sebagai hakim MK, semoga dapat memberikan keadilan dan tetap konsisten dengan ucapannya “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Semoga setelah menjadi hakim MK dan “meninggalkan” program Magister Ilmu Hukum Undip, dosen pengganti Metodologi Penelitian Hukum ada yang bisa menjelaskan mata kuliah tersebut dengan singkat, padat, dan jelas tanpa harus ngawang-ngawang terlebih dahulu. Jika terpilih jadi ketua MK, tetap profesional ya Prof…🙂

One thought on “Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S, Hakim MK Penganut Mazhab Yuridis Romantis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s