Posted in Uncategorized

Ke Solo

Jika ada kesamaan nama, tempat, cerita, dan segala tetek bengek lainnya. Itu merupakan sesuatu yang disengaja. Cerita ini ditulis apa adanya berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Saya lupa tepatnya, sekitar bulan Januari Blontankpoer nelpon saya dan bilang di Solo akan ada event. Dia meminta kesediaan saya jadi pembicara salah satu event. Saat itu saya hanya bilang (tidak mengiyakan dan menolak) bahwa saya masih sibuk jadwalnya, ya kuliah, ya kerjaan. Lalu perbincangan berlanjut sewaktu saya ke Solo untuk pulang ke Malang naik kereta Malabar. Saya hanya bilang ke dia, beritahu saja satu bulan sebelum event tersebut, mungkin saya bisa sisipkan ke jadwal saya.

Saat ke Solo, saya ditanyakan untuk alokasi waktu bulan April, saya bilang mustahil bulan April saya bisa menghadiri event atau apapun namanya, karena itu justru bulan-bulan sibuk saya. Selain ngurus kerjasama hukum Indonesia-Belanda, saya juga harus mengerjakan tanggungan kasus yang terbengkalai saat saya mengerjakan tesis. Lama tidak ada kabar, akhir April dan awal Mei pria peracik teh yang bernama teh pokil tersebut bilang untuk hadir di ASEAN Blogger.

Saya bilang lagi, saya usahakan, siapa tau ada waktu kosong. Bukan ngesok sibuk atau apalah, saya itu takut kalo janji dan tidak bisa menepati apalagi ke teman sendiri. Akhirnya saya liat ada kosong waktu tanggal 10 dan 11 Mei. Berangkatlah saya ke Solo naik bis (karena gagal naek kereta api dan males naek pesawat ke Surabaya dulu). Ya ini, kalau ndak direncanakan pasti berangkat. Saya sempet tanya kepada panitia, apakah ada pejemputan dari terminal ke tempat acara. Ternyata tidak ada, dan dia menyarankan saya agar naik taksi. Oke..skip saja soal transportasi. Datang di hotel, saya tidak menemui adanya panitia, saya langsung saja ambil kunci kamar dan memberi tahu teman saya yang berkacamata itu bahwa saya sudah di Solo dan akan istirahat saja.

Kondisi badan saya agak nggreges malam itu, ntah kenapa. Saya bilang saya nyari makan sendiri saja, tidak ikut makan-makan gala dinner di Loji Gandrung, toh katanya Duty Manager hotel pas saya tanya apakah ada transportasi ke Loji Gandrung, katanya sudah berangkat. Singkat cerita saya nyari makan di depan hotel, kebetulan ada restoran lumayan. Kenyang. Pas saya balik ke hotel ternyata kata Duty Manager tersebut ada kendaraan dan saya diantarkan ke Loji Gandrung. Disana saya bertemu dengan teman-teman Bengawan yang cengangas-cengenges seperti biasanya. Ndak formal banget walau itu ternyata kediamannya walikota.

Malam itu saya mencari 2 orang, yaitu pak Hazairin Pohan yang sebelumnya saya dan beliau memang merencanakan untuk ketemuan dan saya sudah tepati janji ketemu (alhamdulilah utang janji lunas), jauh sebelum adanya event ASEAN Blogger di Solo. Orang kedua adalah Blontankpoer tentunya, satu-satunya pihak yang akan saya ciduk kalau terjadi apa-apa dengan saya di Solo, ha..ha..ha..ha.. Malam itu saya bilang ke dia, saya hanya sampai Sabtu siang, bisa ndak bisa, situ kudu nurut, wes ndak isa mikir kapan lagi soalnya. Sehabis acara saya naik bus sama Sibair, badan udah ndak enak soalnya. Ada satu kejadian yang bikin saya ketawa ngakak, yaitu sebuah percakapan singkat dan makjleb:

A: oh ladies first

B: thank, im ok

A: you can sit

B: thank you

A: from where?

B: Burma

A: aaaaaa…Denmark!

B: No, Burma

Saya sama Bair ketawa ngakak denger percakapan tersebut. Saya kurang tau pasti, tapi sepertinya pergeseran lempeng bumi sudah menyebabkan Denmark kulon nggabung ke kawasan ASEAN. Sampai di hotel saya tidur bleg sek. Jumat pagi saya bangun dan sarapan, sehabis itu saya mengurung diri di kamar, istirahat dan berharap badan sehat seperti sedia kala. Setelah tidur sebentar dan enakan dikit, saya keluar dan bertemu dengan Maksum, Bair, Aziz Hadi, Hassan, Dony Alfan, Hendri, Almascatie, dan lagi-lagi Blontank. Biasa, kita ngobrol ngalor ngidul ndak karuan. Memasuki waktu jumatan, ya sholat Jumat lah. Sekedar jalan-jalan mengitari hotel untuk tau ini hotel apaan.

Sehabis Jumatan saya sama Bair jalan-jalan ke Alun-alun melihat buku-buku lawas dan nemu satu buku. Jumat sore saya balik lagi ke kamar untuk istirahat. Malamnya ada acara tari apalah itu namanya saya lupa di Mangkunegaran yang merupakan agenda ASEAN Blogger, tapi saya ndak ikut, saya kopdar dengan teman-teman bengawan dan gerombolan gojeg dari Yogya, berturut-turut Mas Jun Cahaya Asia, Enthong Juru Selamat IT Indonesia, rasarab idolaku, Aziz Hadi, Maksum, Fahma, Hassan, dan Arga. Kemudian kedatangan Ajeng Lembayung, Ira Hiarida, dan Jensen yang gak kebagian tempat duduk. Puaslah malam itu saya ngakak dengan gerombolan gojeg Yogya tersebut. Mulai mbahas tulang rusuk yang tercecer dan ditemukan orang duluan, tulang rusuk sing digondhol kirik, Wamaa..Wamaaa..QULHU AE DHE, Blontank personel SRT48, jodoh dari jenismu sendiri (lek jenismu lanang yo lanang), sampe masalah susu rasa lemonti. Diketahui pula malam itu bahwa Mas Jun ada tiiiiiittt dengan tetangga enggok-enggokannya dan ditutup dengan “salam dulu ke papah”. Puas ngakak ndak jelas saya pulang ke hotel…dan kembali ngakak di kamar wan for five. Disaat yang bersamaan pas di tiga tjeret saya baru tau bahwa mbak yang jadi panitia ASEAN Blogger belum tau saya di Solo, karena dia mention saya jika sudah di Solo harap mention dirinya. Mbaknya kaget ternyata saya sudah di Solo dan bilang sudah disiapkan kamar. Saya bilang saya sudah di Solo sejak kamis dan sudah istirahat.

Hari Sabtu saya kebagian ngisi jatah cybercrime. Awalnya menurut mas Hendri saya dikasih jadwal ngisi keamanan browsing di internet. Saya menolak untuk menjelaskan tema tersebut, karena namanya ngasih materi itu bukan langsung tunjuk you ngasih materi ini, tapi dibicarakan dulu sama narasumber, saya minta topik diganti. Singkat cerita saya njelasin soal cybercrime, secara singkat, padat, dan jelas. 30 menit! Iya, aslinya 40 menit, berhubung peserta rada telat jadinya dipotong 10 menit. Saya maklum, namanya juga bukan kuliah yang 1 SKS harus 40-45 menit😛

Singkat cerita lagi, saya ngasih materi dan pamit siangnya karena ada urusan lain, biasa…masalah anak kost. Pamit sebentar ke mbak panitia yang waktu malam ketemu di Tiga Tjeret itu. Sehabis ngisi materi saya langsung cabut, iya bener-bener cabut, ndak sempet ngurus ini itu. Karena sudah dikejar waktu. Jadi kalau ada yang kebagian rejeki macem teh hangat yang saya pesan tapi tak tinggal duluan ya rejekimu, atau mungkin ada yang dapet rejeki gedhe karena ndak saya sempet urus gituannya ya selamat, bisa tidur nyenyak. Oiya, Sum! Suwun kawosnya!

EPILOG

Pagi itu saya ngomong-ngomong dengan salah satu Blogger dari Ponorogo sekedar menikmati sarapan. Siangnya saya bertemu dan ngobrol lagi dengan blogger asal Ponorogo. Sorenya melalui jejaring Twitter, blogger yang bernama Dafhy ini ngewit dan mention saya “Belum ketemu Sam Ardi diriku”. LHAAA TERUS YANG NGOMONG SAMA KAMU PAGI DAN SIANG ITU SIAPAAAA???. Satu lagi, apakah selama saya di Solo, Blontankpoer harus jual motor? :))

Moral of the story: teknik penyamaran saya ternyata memang jos, sebaiknya Tom Cruise perlu ngrekrut saya untuk main Mission Impossible 5! Bisa nekan budget, karena ndak perlu pake bahan plastik untuk sekedar face off!

11 thoughts on “Ke Solo

  1. Udah lama aku nggak kumpul-kumpul acara kaya gini, terakhir Oblong Merah Muda dan PB2012. Semoga belum jadi antisosial *mrenges*😀

    Soal blog-blokan itu bakal terus ada sih (kayanya ya, kemeruh yo biarin), sekarang aku juga nggak ada di mana-mana. Nggur mung nulis waelah, Kak😀

  2. Makasih banget dah nyediain kursi buat saya, mbak Ira & AjengL di tiga tjeret malam itu. Saya puas banget ngakak2 ngobrol ma kalian. Maaf juga besok2nya gak ngumpul lagi karena sibuk sendiri. Semoga bisa ketemu lagi.😀

    1. Kalau aku memang lebih suka ngumpul-ngumpul gitu, ketimbang ngikutin agenda formal mengunjungi ini itu. Tetapi bukan berarti juga anti terhadap susunan acara.

Leave a Reply

