Posted in Diary, Refleksi

Soal Sejak Zaman Belanda, Pejabat Suka Korupsi!

Saya seminggu ini bongkar-bongkar perpustakaan pribadi, selain memang sedang mencari literatur Belanda soal kejahatan korporasi, sekalian merapikan tumpukan buku yang sudah lama belum saya tata lagi. Salah satu yang saya temukan adalah disertasi Prof. Dr. Jur. Andi Hamzah.

Disertasi tersebut dipromotori oleh alm. Prof. Sudarto (pendiri dan Guru Besar FH UNDIP) dan berisi mengenai tindak pidana ekonomi. Setelah membaca sekilas saya menemukan sebuah pernyataan yang menarik dari disertasi tersebut. Pernyataannya disekitar kemunculan pasal di KUHP yang memidanakan pejabat .

Statemennya sebagai berikut:

…dari sejarahnya berlakunya KUHP di Indonesia penyalahgunaan kekuasaan di Indonesia oleh pejabat-pejabat memang telah diperhitungkan secara khusus oleh Pemerintah Belanda sewaktu disusunnya Wetboek van Strafrecht untuk Indonesia. Hal ini nyata pada disisipkannya Pasal 423 KUHP (kejahatan-kejahatan knevelarij) dalam KUHP karena dengan Pasal yang ada dalam Ned.W.v.S mengenai knevelarij, yaitu Pasal 366 (Pasal 425 KUHP), dipandang kurang memadai untuk masyarakat Indonesia yang pejabat-pejabatnya cenderung untuk melakukan penyalahgunaan kekuasaan untuk menguntungkan diri sendiri.

Ternyata Belanda yang menerapkan KUHP untuk Indonesia sudah bisa meramalkan (dan memang kenyataannya) para pejabat Indonesia-yang saat itu bernama Hindia Belanda-suka memperkaya diri sendiri untuk keuntungan mereka sendiri. Dengan kata lain, Belanda sampai frustasi sehingga membuat pasal baru khusus untuk Indonesia. Adalah aneh kemunculan pasal tersebut hanya ada di Indonesia, sedangkan di Belanda sendiri tidak ada pasal tersebut. Sebegitu bobroknya kah?

Kalau sudah seperti ini, masih kaget gak kalau ada kasus korupsi di Indonesia yang menjerat pejabat?

10 thoughts on “Soal Sejak Zaman Belanda, Pejabat Suka Korupsi!

  1. Semua itu akan terselesaikan saat nantinya saya sendiri menjadi PRESIDEN

    artikel yang sangat menarik sekali *macak blofgger*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s