Posted in cybercrime, Diary, ilmu, Internet

Soal Putusan Peninjauan Kembali Prita Mulyasari

Kamis 18 Juli 2013 putusan Peninjauan Kembali (PK) dari Prita Mulyasari akhirnya dikirim ke saya (walaupun diputus 2012, Prita sendiri baru dapat salinannya Mei 2013). Setelah membaca secara keseluruhan dari putusan PK itu, ternyata pertimbangan Mahkamah Agung adalah adanya conflict van rechtspraak (pertentangan antara putusan) dan kekhilafan hakim yang nyata.

Dalam memori PK, Prita Mulyasari memang mengajukan beberapa alasan dilakukannya PK, alasan tersebut adalah adanya conflict van rechtspraak dan kekhilafan hakim yang nyata sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), silahkan lihat Pasal 263 ayat 2 huruf b dan huruf c KUHAP.

Alasan yang terdapat dalam Memori PK dikutip sebagai berikut:

1. Conflict van rechtspraak

Memori-PK-1

Memory-PK-2

2. Kekhilafan hakim yang nyata

  • Putusan bebas tidak dapat diajukan Kasasi (Penuntut Umum melakukan kasasi atas putusan Pengadilan Negeri Tangerang No. 1269/Pid.B/2009/PN.Tng) sesuai dengan Pasal 244 jo. 67 KUHAP.
  • Tidak ditemukan sedikitpun alasan pengajuan kasasi JPU yang mengacu pada alasan bahwa putusan Pengadilan Negeri Tangerang merupakan putusan bebas tidak murni.
  • Salah memaknai unsur “setiap orang” dalam Pasal 27 ayat 3 UU ITE
  • Mahkamah Agung dalam putusan Kasasi pidana telah salah memaknai arti yuridis dari pencemaran nama baik.
  • Mahkamah Agung dalam putusan Kasasi pidana telah salah memahami maksud “untuk kepentingan umum”
  • Penerapan Pasal 45 ayat (1) jo Pasal 27 ayat 3 UU ITE tidak tepat

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, Mahkamah Agung membenarkan alasan PK Prita Mulyasari yang menyatakan terdapat pertentangan putusan dan kekhilafan hakim yang nyata. Berdasarkan pertimbangan tersebut, permohonan peninjauan kembali harus dinyatakan dapat dibenarkan, sehingga Mahkamah Agung membatalkan Putusan No. 822 K/Pid.Sus/2010 dan Mahkamah Agung mengadili kembali perkara ini. Adapun kutipan putusan PK tersebut adalah sebagai berikut:

MENGADILI KEMBALI

  1. Menyatakan Terpidana PRITA MULYASARI tersebut di atas tidak terbukti melakukan tindak pidana yang didakwakan oleh Jaksa/Penuntut Umum dalam dakwaan Kesatu, Kedua dan Ketiga
  2. Membebaskan Terpidana oleh karena itu dari semua dakwaan tersebut
  3. Memulihkan hak Terpidana dalam kemampuan, kedudukan dan harta serta martabatnya.
  4. Menetapkan barang bukti berupa:
  • 1 (satu) eksemplar berita di Yahoo e-mail dengan subyek: Penipuan OMNI Internasional Hospital Alam Sutera Tangerang, tanggal 22 Agustus 2008
  • 1 (satu) eksemplar e-mail From: Prita Mulyasari, Sent: Friday, August, 2008, 3: 51 PM, subyek: Penipuan OMNI Internasional Hospital Alam Sutera Tangerang

Tetap terlampir dalam berkas perkara

Melelahkan memang mencari keadilan di Indonesia ini, sudah aparat penegak hukumnya gagap teknologi alias gaptek, ditambah kemampuan pikiran mereka memahami bahasa undang-undang juga tidak “sampai (Jawa: pikirane ora tekan!). Jadi bertanya-tanya dulu sewaktu kuliah mereka ngapain saja.

Tulisan ini sekaligus menjadi penutup tulisan-tulisan saya mengenai Pasal 27 ayat 3 UU ITE dan kasus Prita Mulyasari. Semoga saja kasus ini menjadi cermin dan bahan introspeksi bagi kita semua.

Tulisan yang relevan:

  1. Analisis Print Out Email Kasus Prita Mulyasari
  2. Diary: Kabar Peninjauan Kembali Prita Mulyasari
  3. Melawan Lupa: Serba-serbi Kasus Prita Mulyasari
  4. Semoga Prita Mulyasari yang Terakhir
  5. Prita Mulyasari dan Keadilan

One thought on “Soal Putusan Peninjauan Kembali Prita Mulyasari

  1. saya ingin mendownload putusan PK kasus prita, di mana saya bisa mendownloadnya ya ? kebetulan saya mendapat tugas dari kampus untuk menganalisa kasus ini, namun saya baru memperoleh putusan kasasi MA, apakah putusan PK kasus prita ini memang belum bisa diakses publik ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s